Minggu, 28 Maret 2010



Manfaat Jamur Tiram Putih dan Produk Olahannya

Terdapat ribuan spesies Jamur di dunia ini. Ada Jamur yang merugikan dan menguntungkan bagi manusia. Jamur yang menguntungkan bagi manusia adalah Jamur yang mempunyai berbagai manfaat sebagai berikut:
Konsumsi. Contohnya: Jamur Tiram, Jamur Kuping, Jamur Merang, Jamur Shiitake dan Jamur Champignon
Membantu Peragian. Contohnya: Jamur untuk tempe, oncom dan tape.
Pengobatan. Contohnya:
Jamur Tiram Putih berguna sebagai pencegah hipertensi, mencegah kanker dan mengandung lovastatin (penurun kolesterol). Para ahli di luar negeri telah berhasil mengekstrak Jamur Tiram Putih untuk mengambil senyawa aktif lovastatin.
Jamur lingzhi dipercaya dapat meningkatkan proses metabolisme & menunda penuaan dini. Dari hasil riset peneliti Jepang, terbukti bahwa ganoderma mengandung 800 – 2000 ppm germanium organik, dimana 4 – 6 kali lebih kuat dari ginseng, selain itu Ganoderma Lucidum juga mengandung polisakarida yang bisa memperkuat system imun. Orang-orang Jepang dan Cina telah membuktikan hal ini, mereka telah mengkonsumsi Jamur ribuan tahun yang lampau.
Jamur Kuping sebagai anti kolesterol dan menetralkan senyawa toksik. Orang-orang Inggris percaya bahwa Jamur Kuping dapat menyembuhkan sakit tenggorokan .
Jamur Merang berguna sebagai pencegah anemia/kurang darah, kanker dan darah tinggi.
Jamur Shiitake berguna sebagai penghambat pertumbuhan tumor dan kanker sampai 72-92%.

Produk Olahan Jamur Tiram Putih

Sebagai bahan konsumsi.
Jamur Tiram Putih dapat diolah sebagai Sup Jamur, Soto Jamur, Pepes Jamur, Oseng-oseng Jamur, Jamur Crispy, Kripik Jamur, Mie Jamur dan Sate Jamur.
Sup Krim Jamur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar